Jangka Waktu Kpr

By

September 15, 2013Kredit RumahNo comments

Jangka Waktu kpr pada saat anda berencana mengajukan kredit kepemilikan rumah tentunya anda berpikir akan berapa lama kredit ini berjalan, berapa angsuran yang saya mampu bayarkan tiap bulannya.

Ingat jangan tergesa gesa untuk memilih jangka waktu kredit karena akan memberikan dampak yang besar jika anda asal asalan memilih jangka waktu kredit, berikut syarat dan ketentuan yang harus anda ketahui mengenai jangka waktu kredit kpr.

Debitur Perbenghasilan Tetap

Untuk pegawai tetap BUMN/BUMD/PNS/TNI/POLRI/Pegawai tetap dari instansi dan perusahaan yang bonafide, maksimal jangka waktu yang di berikan untuk kredit KPR yaitu 20 tahun.

Penghasilan Tidak Tetap

a. Profesional

Khusus Untuk dokter dan notaris maksimum 20 tahun, dan Profesional lainnya (Selain dokter dan notaris), jangka waktu KPR maksimal 10 tahun.

b. Wiraswasta

Jangka waktu maksimal pengambilan kredit kpr 10 tahun.

Jangka waktu berdasarkan objek KPR yang di biayai adalah
  • a. Rumah tinggal: 20 Tahun
  • b. Ruko/rukan:15 Tahun
  • c. Apartemen./rusun/kondotel: 15 tahun
  • d. Pembangunan rumah: 20 Tahun
  • e. Renovasi rumah: 10 Tahun

Selain syarat dan ketentuan jangka waktu kpr di atas, jangka waktu maksimal kredit nantinya akan di maksimalkan dengan total pendapatan yang anda terima setiap bulannya, jangka waktu kpr sendiri akan di tentukan oleh pihak bank pemberi kredit.

Namun anda juga bisa menentukan dan memperkirakan maksimal jangka waktu kredit rumah dengan menghitung kemampuan anda sendiri sebelum mengajuka ke pihak bank, cara dan contoh perhitungannya akan saya bagikan di artikel berikutnya.

Leave a Reply

Baca artikel terpopulerclose